5 Hewan Tercepat di Dunia

5 Hewan Tercepat di Dunia – Hewan dikenal memiliki kecepatan dalam lari yang bervariasi. Ada yang sangat cepat, namun ada pula yang sangat lambat. Jika Anda pernah mendengar lomba lari antara kelinci dan kura-kura, maka ini menjadi salah satu analogi yang pas untuk hewan pelari tercepat dan terlambat ini. Sebagaimana diperkirakan, jika kelinci dan kura-kura sama-sama mengikuti lomba lari, maka kelincilah yang memiliki kecepatan lebih besar. Lantas, apakah memang kelinci menjadi salah satu hewan yang menduduki peringkat dalam 5 hewan dengan kecepatan lari paling cepat di dunia? Ternyata tidak, sebab lima tempat teratas untuk hewan yang memiliki kecepatan lari paling cepat diduduki oleh cheetah, dan kawan-kawan. Berapa saja nilai kecepatan mereka dalam km/jam? Kami akan ulas lengkap dalam artikel ini untuk Anda.

Menakjubkan! Ini 5 hewan tercepat di dunia yang harus Anda tahu

Hewan Tercepat di Dunia

Pertama, cheetah

Sudah bukan rahasia lagi jika hewan yang satu ini memiliki kekuatan super besar saat berlari. Dia menduduki peringkat pertama dalam hal lari dengan kecepatan tinggi. Kucing besar yang habitatnya berada di daerah tropis di sekitar Timur Tengah dan Afrika ini ternyata memiliki kecepatan lari hingga 120 km/jam. Maka tak heran jika Cheetah menjadi satu hewan yang dinobatkan sebagai hewan pelari tercepat di bumi ini. Selain menyerupai kucing, hewan ini juga mirip sekali dengan macan tutul karena motif di tubuhnya.

Kedua, pronghorn

Setelah cheetah, ada pronghorn yang juga memiliki kecepatan luar biasa, masih di atas 100 km/jam. Kecepatan lari hewan bertanduk ini mencapai 101 km/jam. Meski masih di bawah cheetah, pronghorn memiliki keunikan karena bisa berlari dengan jarak yang sangat jauh hingga bermil-mil menggunakan setengah dari kecepatannya. Ini dilakukan hewan tercepat di dunia satu ini untuk menghindari predator yang akan memangsanya. Lari menjadi salah satu cara bagi hewan ini untuk bertahan hidup.

Ketiga, springbok

Selain pronghorn, hewan yang harus berjuang bertahan hidup dari predator dengan cara berlari adalah springbok. Hewan yang memiliki bentuk menyerupai rusa ini tidak hanya berlari tetapi juga melompat saat sedang mendapatkan sinyal yang cukup berbahaya. Untuk kemampuan berlarinya, tercatat bisa mencapai 99 km/jam, sedangkan untuk daya lompat springbok bisa mencapai 3,9 meter.

Keempat, wildebeest

Wildebeest menjadi salah satu hewan bertubuh besar yang mampu berlari cepat. Dengan tubuh menyerupai sapi, wildebeest toh bisa berlari hingga kecepatan 88,5 km/jam. Yang unik dari binatang ini adalah bahwa mereka memiliki agenda tahunan, yakni berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya.

Kelima, quarter horse

Kuda menjadi salah satu hewan yang diandalkan dalam hal lari. Namun, ada satu jenis kuda yang memiliki kecepatan tinggi, yakni quarter horse. Kuda yang satu ini bisa lari dengan kecepatan mencapai 75,6 km/jam. Kuda jenis inilah yang biasanya digunakan saat ada acara pacuan kuda.

Baca juga fakta unik perihal kota unik di dunia.

Jadi, dari 5 hewan tercepat di dunia di atas, manakah yang akan Anda pilih?

Ikuti Update Yuk...

No spam !

5 Kota Mati yang Unik di Dunia
4 Fakta Unik Tentang Kejahatan Kedokteran di Dunia
Please sharing if you like :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *