5 Makanan Paling Aneh di Indonesia, Mau Coba?

5 Makanan Paling Aneh di Indonesia, Mau Coba? – Siapa yang tidak suka kuliner, hampir semua orang suka dengan makan dan berwisata kuliner. Namun, jangan ngaku suka kuliner kalau Anda belum mencoba kuliner aneh yang ada di Indonesia. Sebab faktanya, masih banyak makanan di Indonesia yang belum Anda cicipi dan masih belum umum bagi masyarakat kita. Mungkin makanan tersebut umum bagi satu daerah, namun belum tentu umum dan enak bagi daerah lain. Penasaran dengan makanan anehnya? Silakan simak ulasan kami.

Ini dia 5 makanan paling aneh di Indonesia yang harus Anda coba

Makanan Paling Aneh di Indonesia

Pertama, belalang goreng

Sebagian orang akan bertanya bagaimana rasanya belalang jika digoreng. Penulis berani menjamin Anda akan ketagihan jika menyantap hidangan yang satu ini. Apalagi jika belalang tersebut digoreng hingga kering. Kriuk-kriuknya sangat terasa di mulut dan rasa gurihnya tidak mudah dilupakan. Makanan ini menjadi makanan khas di daerah gunung Kidul, namun beberapa daerah di Jawa Timur dan Jawa Tengah khususnya masyarakat pedesaan juga mengonsumsinya. Apalagi saat musim padi datang. Berburu belalang bisa dilakukan dengan dua tujuan utama, pertama untuk menghindarkan padi dari hamanya, kedua agar belalang bisa dimakan dan mencukupi kebutuhan protein untuk tubuh. Ingin mencobanya? Hati-hati jika Anda memiliki riwayat alergi.

Kedua, ampo

Nama makanan ini tentu cukup asing di telinga Anda, bukan? Ampo merupakan salah satu makanan yang dikonsumsi oleh masyarakat di Tuban, Jawa Timur. Ini bukan makanan yang berasal dari makhluk hidup, bukan pula camilan yang berasal dari tanaman. Jangan heran, ampo dibuat dari tanah. Tanah yang dimasak dalam waktu lama dengan proses yang panjang itu menghasilkan tekstur ampo yang kelihatannya garing namun saat dikonsumsi rasanya sangat dingin di mulut. Orang di desa-desa tertentu di Tuban mengonsumsi ini sebagai camilan, bukan sebagai makanan utama. Bahkan, toko-toko kecil di pedesaan juga turut menjual salah satu makanan paling aneh di Indonesia ini.

Ketiga, olahan ulat

Pernahkah Anda mendengar tentang ulat sagu? Jika belum, maka kenalkan, ini adalah salah satu makanan yang dikonsumsi oleh masyarakat yang ada di NTB dan Papua. Dari namanya sudah bisa dibayangkan kalau bahan dasar dari makanan ini adalah ulat. Di daerah Jawa, menu makanan aneh seperti ini juga ditemukan, khususnya pada saat musim enthung. Jika musim ini sudah datang, masyarakat desa bahkan bersama-sama pergi ke hutan untuk mencari dan menjadikannya lauk di rumah.

Keempat, tikus panggang dan sup kelelawar

Di Manado, ada dua menu makanan aneh yang terkenal, yakni tikus panggang dan sup kelelawar. Terlepas dari halal dan haramnya menu makanan ini, yang jelas menu ini telah memperkaya kuliner di Indonesia.

Baca juga info unik lainnya yaitu bangunan yang terinspirasi dari menara eifel.

Kelima, bothok sarang tawon

Jika biasanya bothok terbuat dari jamur, tahu, atau tempe, kini bayangkan jika ada sarang madu yang dibuat menjadi bothok. Ya, di Jawa Timur, Anda bisa menemukan makanan aneh ini.

Selain 5 makanan paling aneh di Indonesia di atas, masih ada makanan lain seperti lauk jambu monyet yang gurih, sate kuda, dan masih banyak lagi. Kuliner Indonesia memang sangat kaya. Udeh bangga jadi warga Indoneisa.

Ikuti Update Yuk...

No spam !

5 Fakta Unik tentang Semangka yang Harus Anda Tahu
5 Bangunan Dunia yang Terinspirasi dari Menara Eiffel
Please sharing if you like :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *