7 Fakta Unik Tentang Air Mata yang Harus Anda Tahu

7 Fakta Unik Tentang Air Mata yang Harus Anda Tahu – Setiap orang pasti pernah menangis atau setidaknya mengeluarkan air dari matanya. Namun, tidak semua orang tahu tentang air mata yang mereka keluarkan. Bahkan mungkin, kita tidak pernah berpikir bahwa ada yang unik dengan air mata ini. Padahal, ada banyak hal aneh yang menetes bersama dengan tetesan air mata seseorang. Entah itu jenisnya, atau jumlah dari air mata yang menetes itu sendiri. Dalam artikel inilah kami akan memberikan pemaparan tentang keunikan air mata yang harus Anda ketahui.

Berikut adalah 7 fakta unik tentang air mata, mulai dari jenisnya yang banyak

Fakta Unik Tentang Air Mata yang Harus Anda Tahu

Air mata ada setidaknya 3 jenis

Saat mengeluarkan air mata atau sedang melihat orang sedang mengeluarkan air mata, kita tidak akan menyadari kalau ada banyak jenis air mata. Namun faktanya, ada setidaknya 3 jenis air mata yang keluar dari mata manusia. Air mata pertama adalah air mata yang bertugas menjaga kelembaban mata dan kesehatannya. Air mata pertama ini disebut air mata basal. Sementara air mata kedua adalah air mata yang keluar ketika terkena debu, asap, atau yang lainnya. Ini yang disebut dengan air mata refleks. Kemudian, ada air mata emosional yang sering kita lihat setiap kali ada orang yang menangis, air mata jenis ini diketahui memiliki kandungan protein lebih banyak dan sudah terbukti lewat penelitian yang dilakukan.

Komposisi air mata = air liur

Komposisi dari air mata sama dengan air liur. Ini merupakan fakta unik tentang air mata kedua yang harus Anda tahu. Yang menarik, meskipun komposisinya sama, tekstur dan bau dari air liur dengan air mata tidaklah sama. Komposisinya yakni garam, protein, dan hormon.

Tak ada penyebab pasti air mata

Air mata yang dikeluarkan seseorang saat menangis tidak ada penyebab pastinya. Jika untuk orang dewasa, air mata dikaitkan dengan tekanan, masalah, dan nilai kesedihan yang sedang dialami. Anak kecil dan bayi menangis karena ingin mendapatkan perhatian dari orang tuanya. Masih banyak penyebab lain yang konklusinya belum bisa ditemukan secara pasti.

Wanita lebih banyak menangis dari pada pria

Dalam sebulan lelaki menangis sebanyak 1,4 kali dalam 1 bulan (secara rata-rata). Namun, wanita menangis lebih banyak, yakni 5,4 kali dalam 1 bulan secara rata-rata.

Simak juga fakta unik tentang buang angin yang mendunia.

Saat menangis, ingus suka keluar, kenapa?

Sebenarnya, pada saat seseorang menangis, kelenjar mengeluarkan air mata secara berlebihan. Inilah yang kemudian membuat air mata keluar melalui hidung seperti berlendir dan menyerupai ingus.

Sering menangis saat mengiris bawang?

Wajar jika Anda mengeluarkan air mata saat mengiris bawang. Hal ini disebabkan oleh kelenjar lacrimal yang terangsang oleh zat kimia yang terkandung dalam bawang.

Air mata buaya itu fakta

Jika biasanya kalimat air mata buaya dibuat menjadi kiasan, ternyata penelitian mengungkap fakta kalau air mata buaya itu memang benar adanya. Buaya mengeluarkan air mata saat makan dan secara teratur. Buaya memiliki kelopak mata ketiga.

Itulah beberapa fakta unik tentang air mata yang terungkap dalam artikel udehnans ini. Masih ada fakta lain yang unik dan menakjubkan tentang cairan yang keluar dari mata ini.

Ikuti Update Yuk...

No spam !

7 Jenis Fobia Unik di Dunia, dari Bawang Putih Hingga Wanita
7 Fakta Unik tentang Buang Angin
Please sharing if you like :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *