7 Fakta Unik tentang Buang Angin

7 Fakta Unik tentang Buang Angin – Buang angin atau kentut menjadi satu hal jorok bagi sebagian orang. Padahal, pada dasarnya ini adalah satu mekanisme tubuh yang normal dan harus diterima. Buang angin menjadi jorok dan tabu karena hanya bisa dicium dan dirasakan saja. Sementara wujudnya tidak terlihat. Apalagi jika kentut tersebut tidak berbunyi. Tersangkanya pun susah sekali untuk ditemukan. Saling tuduh pun tidak bisa dihindarkan. Lantas, tahukah Anda kalau selain ini menjadi satu mekanisme kesehatan tubuh, buang angin juga memiliki fakta yang cukup unik? Kami akan ulas lengkap mengenai keunikan buang angin alias kentut dalam artikel ini untuk Anda.

Beberapa fakta unik tentang buang angin alias kentut

Fakta Unik tentang Buang Angin

10 kali sehari

Hal unik pertama yang harus Anda ketahui dari kentut adalah bahwa seseorang rata-rata kentut sebanyak 10 kali dalam satu hari. Karena ini angka rata-rata, bisa jadi seseorang tersebut kentut kurang dari atau lebih dari 10 kali. Mengenai jumlahnya, dalam 24 jam, seseorang bisa membuang angin hingga lebih dari 2 liter.

Kentut bisa terbakar

Pernahkah Anda melihat kentut yang akan terbakar ketika disulut api? Jika pernah, maka hal ini menjadi hal yang sangat wajar. Kentut mengandung gas amoniak yang memang bisa terbakar ketika terkena api. Lantas, apakah kemudian kentut bisa dijadikan bahan bakar?

Kentut vs ukuran tinja

Ukuran tinja ternyata sangat berhubungan dengan kentut. Ketika seseorang mengeluarkan tinja dalam jumlah banyak, maka kentut yang keluar akan semakin pelan. Begitu juga sebaliknya, saat tinja yang keluar sedikit, maka bunyi kentut bisa keras karena ada halangan atau hambatan.

Kentut pria vs wanita

Fakta unik tentang buang angin selanjutnya adalah mengenai jumlah kentut bagi pria dan wanita. Meski secara rata-rata manusia kentut sebanyak 10 kali dalam sehari. Namun ternyata, lelaki jauh lebih banyak kentut alias buang angin dalam sehari ketimbang pria. Hal ini disinyalir karena pria cenderung makan secara terburu-buru dalam tempo yang cepat. Jadi, bukan pada jenis kelaminnya, yang benar adalah cara makanlah yang berhubungan erat dengan jumlah kentut dalam satu hari.

Simak juga info unik lainnya seperti mitos upil tentang kotoran hidung.

Ada makanan yang bikin kentut makin bau

Bukan mitos ternyata ketika ada yang bilang kalau makanan tertentu bisa bikin bau kentut makin bau. Makanan-makanan tersebut tidak lain adalah brokoli, almond, dan kembang kol. Di mana ketiganya mengandung sulfat. Makanan yang mengandung sulfat lainnya juga harus diwaspadai.

Kunyah permen buat Anda sering kentut

Selain makanan di atas, ternyata mengunyah permen maupun menghisapnya bisa menyebabkan seseorang kentut lebih sering. Hal ini terungkap dalam American College of Gastroenterology.

Ada kentut tak berbau

Meski banyak kentut berbau, ternyata ada kentut yang tidak berbau juga. Biasanya ini terjadi saat ada udara yang masuk dalam sistem pencernaan.

Selain fakta unik tentang buang angin di atas, ternyata kentut juga dipengaruhi oleh otot yang ada di sekitar anus. Yang kemudian bisa menyebabkan bunyi atau tidak.

Ikuti Update Yuk...

No spam !

7 Fakta Unik Tentang Air Mata yang Harus Anda Tahu
Beberapa Fakta Unik Tentang Upil dan Mitosnya
Please sharing if you like :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *