7 Fakta Unik Tentang Otak Manusia

7 Fakta Unik Tentang Otak Manusia – Otak manusia memiliki bentuk dan fungsi yang luar biasa. Di sinilah pusat kesadaran manusia dan pusat saraf yang menjadi fitur yang paling indah dari tubuh manusia. Sebagai pusat dari kegiatan dan apa saja yang dilakukan oleh manusia, otak ternyata memiliki fakta unik yang sayang bila Anda lewatkan. Beberapa fakta unik tentang otak ini akan kami rangkum dalam artikel ini. silakan disimak.

Yuk simak rangkuman 7 fakta unik tentang otak manusia yang menakjubkan

Fakta Unik Tentang Otak Manusia

Pertama, berat dan komponen otak

Berat otak manusia rata-rata adalah sekitar 1,36 kilogram. Otak terdiri dari 75% air. Tidak hanya itu, bagian tubuh manusia yang mengandung paling banyak lemak adalah otak. Di mana 60% bagian otak merupakan lemak.

Kedua, pertumbuhan otak

Otak akan tumbuh secara sempurna saat usia manusia masih 7 tahun. Namun otak terus berkembang dan akan berhenti perkembangannya pada usia 18 tahun. Keunikan lain soal pertumbuhan otak ini adalah bahwa ukuran otak bayi yang baru lahir bisa tumbuh hingga 3 kali lipat pada tahun pertama bayi ini hidup di dunia. Sementara itu, perkembangan otak bisa dipicu dengan membaca dan berbicara dengan suara yang nyaring.

Ketiga, otak perempuan vs otak lelaki

Otak lelaki ternyata lebih besar dari segi ukuran jika dibandingkan dengan otak perempuan. Namun, bukan berarti ini akan mempengaruhi kecerdasan atau yang lainnya. Tuhan Maha Adil karena yang dimaksud besar di sini adalah ukuran komponennya. Misalnya, untuk perempuan, hippocampus dalam otak perempuan lebih besar ketimbang lelaki. Sehingga lebih peka terhadap bau dan ingatan. Sementara itu, lelaki memiliki ukuran Hypothalamus dan amygdada yang lebih besar.

Keempat, kebutuhan otak (energi dan oksigen)

Fakta unik tentang otak manusia yang keempat adalah bahwa otak hanya menggunakan energi yang digunakan oleh otak manusia jauh lebih kecil ketimbang lampu pada kulkas, yakni 12 Watt atau sekitar 17% dari total energi yang ada di tubuh. Soal oksigen, otak sangat membutuhkannya, yakni sekitar 20% dari oksigen tubuh. Saat beristirahat pun, otak tetap membutuhkan oksigen.

Kelima, regenerasi sel otak

Ternyata sel otak manusia mampu beregenerasi dan memperbaiki diri sendiri. Sebaliknya, stres yang terlalu berlebihan bisa merusak fungsi otak, struktur otak dan sel-sel otak manusia.

Keenam, gelombang otak saat mimpi vs terjaga

Dalam sebuah penelitian ditemukan bahwa seseorang yang sedang tidur dan bermimpi ternyata memiliki gelombang otak yang cenderung lebih aktif dibanding saat mereka sedang terjaga.

Ketujuh, hubungan menggelitik tubuh sendiri dengan otak

Pernahkah Anda bertanya pada diri Anda mengapa Anda tidak merasa geli saat menggelitik diri sendiri? Ternyata otak Anda langsung menumpulkan sensasi atau rasa geli saat Anda menggelitik diri Anda sendiri. Anda bisa mencoba untuk menggelitik diri sendiri bersamaan dengan digelitiki teman Anda kalau mau bereksperimen lebih jauh.

Rekomended : 8 Fakta Tubuh Manusia yang belum anda tahu.

Sebenarnya masih banyak fakta unik tentang otak manusia ini. Semakin banyak kita tahu maka semakin takjublah kita pada anggota tubuh yang diciptakan Tuhan satu ini.

Ikuti Update Yuk...

No spam !

4 Kehamilan Unik dan Aneh di Dunia
3 Tentara Terkuat Sedunia yang Inspiratif
Please sharing if you like :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *