8 Tips Liburan Hemat dan Nyaman di Bulan Desember

8 Tips Liburan Hemat dan Nyaman di Bulan Desember – Desember sebentar lagi datang! Apakah Anda termasuk yang sedang bersiap-siap melakukan traveling atau perjalanan liburan ke luar kota atau luar negeri?  Persiapkan diri dengan baik. Simak delapan tip berikut ini sebagai bekal liburan Anda.

1. Rencanakan sejak awal
Kunci merencanakan liburan adalah menyusun perencanaan sedini mungkin. Alasannya, selain untuk mendapatkan harga tiket pesawat dan penginapan yang paling murah, liburan Anda akan lebih terencana karena Anda masih punya waktu untuk menyusun jadwal perjalanan sebaik-baiknya. Idealnya, merencanakan liburan dilakukan 2 – 3 bulan sebelumnya, atau minimal satu bulan sebelumnya saat para maskapai penerbangan masih memasang tarif promo.

Tips Liburan Santai

2.Memanfaatkan promo
Tidak ada salahnya memanfaatkan promo yang ditawarkan berbagai jasa travel. Anda bisa subscribe di situs-situs maskapai penerbangan besar yang setiap periode tertentu akan menyebarkan newsletter berisi penawaran promo, seperti yang biasa dilakukan Air Asia, Garuda Indonesia, Citilink, Cathay Pacific, dan sebagainya. Situs-situs travel seperti Traveloka, Pegi Pegi, Agoda, atau situs berisi voucher diskon, seperti LivingSocial, Groupon, BliBli, dan sebagainya juga sering menawarkan promo untuk hotel, villa, cottage, atau paket perjalanan.

3.Hari apa yang paling tepat?
“Alih-alih terbang di hari Jumat atau Minggu, terbanglah di hari Selasa atau Sabtu. Biasanya, harga-harga tiket pesawat di hari-hari tersebut lebih murah,” saran Dean Headly, salah satu pencetus Airline Quality Rating (AQR), Amerika. Namun Maire Bonheim dari Travelzoo mengatakan, tiket pesawat yang paling murah biasanya ada di hari Selasa sampai Kamis. Alasannya, Selasa bukan “hari besar” untuk melakukan bisnis dan Kamis bukan hari favorit untuk berangkat liburan.  Andy Washington, Managing Director expedia.co.uk menambahkan, “Dan pilihlah penerbangan paling pagi karena penerbangan paling pagi biasanya jauh lebih murah dan kemungkinan delay lebih kecil.”

Tips Liburan Nyaman

4. Baca rekomendasi sesama traveler
Situs-situs yang memuat ulasan tentang hotel, restoran, atau tempat wisata yang ditulis oleh para turis sendiri adalah hal yang sangat berguna bagi kita yang akan bepergian. Seperti yang disebutkan dalam artikel “Read Traveler Reviews” yang dimuatTime.com, salah satunya Anda bisa membuka TripAdvisor.comyang memuat lebih dari 20 juta ulasan, kebanyakan tentang hotel. Anda juga bisa membuka TravelPost.com yang mengumpulkan ulasan dari berbagai situs, seperti Citysearch.com, Yahoo! Traveland IgoUgo.com.  Untuk ulasan tentang restoran atau toko lokal, Anda bisa menengok Yelp.com, atau OpenTable.com yang berani menjamin bahwa yang memberikan ulasan memang benar-benar makan di sana.

5. Desember di Eropa?
Kedengarannya menarik, apalagi Desember adalah off-peak season di Eropa sehingga harga tiket pesawat dan hotel menjadi lebih murah, bahkan di minggu Natal sampai Tahun Baru. Tapi ingat, di bulan ini, Eropa sedang berselimut es. Cuacanya bisa cukup buruk sehingga pesawat Anda bisa terkena delay atau Anda akan terjebak di kamar hotel saja sepanjang liburan. Ginger Warder, anggota Society of American Travel Writers dalam artikelnya “Cheapest Time to Travel to Europe” di USA Today mengatakan, “Disarankan, pilihlah penerbangan yang biaya tiketnya sudah termasuk asuransi yang akan membayar pengeluaran Anda saat terjadi delay.”

Tips Liburan Murah

6. Desember di Australia?
Ide yang bagus. Cuacanya tidak seberat bulan Desember di Eropa, hanya saja kemungkinan besar perjalanan Anda akan lebih mahal jika berlibur pada bulan Desember di Australia. Steve Campion, Managing Director the Holiday Discount Centre mengatakan, “Akhir November atau Desember adalah waktu yang paling tepat untuk biaya perjalanan yang lebih murah.” Seperti juga yang diungkapkan  Maire Bonheim dari Travelzoo yang dilansir theguardian.com, “Akan lebih murah kalau Anda melakukan perjalanan sebelum tanggal 9 Desember untuk ke Australia dan New Zealand atau sekitarnya.” Begitu masuk di tanggal 10 atau 11, harga tiket pesawat dan hotel akan melonjak.

Tips Liburan murah meriah

7. Mengapa tidak mundur ke Januari?
Saat musim liburan di bulan Desember (Natal) habis sampai pada awal tahun baru tanggal 1 Januari, rata-rata seluruh penerbangan dan penginapan spontan akan menurunkan tarifnya. Jadi, carilah kemungkinan untuk memundurkan rencana liburan Anda sekitar lima hari setelah tanggal 1 Januari. Dan ingat, pesanlah penginapan di bulan Desember untuk menginap di bulan Januari, yaitu sebelum hotel-hotel memasang harga baru yang biasanya naik 10% setiap tahun.

Tips Liburan Hemat

8. Persiapan diri
Yang tidak kalah penting dalam menyusun rencana liburan adalah mempersiapkan diri. Bukan hanya menyiapkan uang yang cukup, menjaga kondisi tubuh tetap fit adalah hal yang penting. Jagalah kondisi Anda agar tetap fit sejak sekarang dengan mengonsumsi air mineral yang mengandung basa/alkali setiap hari. Mengingat 80% makanan yang kita makan sehari-hari adalah penghasil molekul asam yang meningkatkan risiko berbagai penyakit, sebaiknya Anda mengonsumsi air minum alkali untuk menyeimbangkannya. Air minum alkali seperti Total8+ yang saat ini bisa dengan mudah Anda dapatkan di berbagai minimarket, akan menjaga keseimbangan asam-basa normal tubuh, dan menjaga kesehatan usus serta lambung sehingga Anda siap melakukan perjalanan panjang untuk berlibur bersama keluarga sesuai rencana. Sebagai bekal, siapkan Total8+ di tas selama bepergian untuk menetralkan racun yang mungkin tak sengaja masuk ke tubuh Anda dalam perjalanan.

Sumber : Advertorial Kompas

Ikuti Update Yuk...

No spam !

Ini Dia 4 Masjid di Dunia yang Selamat dari Bencana
Menikmati Kemewahan Alami di Utara Jakarta
Please sharing if you like :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *