Cara mengurus perpanjangan SIM ternyata mudah

Cara mengurus perpanjangan SIM ternyata mudah – Saya ingin berbagi pengalaman tentang cara mengurus perpanjangan SIM yang ternyata mudah lho heheheh.  Sebelumnya saya kehilangan dompet tapi sudah diselesaikan dengan cara mengurus surat kehilangan di kantor kepolisian di wilayah kehilangan terjadi.  Ketika saya berniat untuk mengurus semua dokumen dan surat-surat yang hilang terbayang di benak saya bahwa mengurusnya bakal lama sekali dan berbelit-belit pastinya deh huhuhuhu.  Tapi apa mau dikata, surat-surat itu kan penting maka mau tidak mau dan suka tidak suka saya harus mengurusnya.  Bukan tidak apa, kalau perpanjangan SIM secara normal tentu gampang karena tinggal datang ke kantor satlantas dan mengisi formulir serta memberikan SIM lama anda, tapi kali ini kan SIM saya dalam kondisi hilang hik hiks, kebayang nanti napak petugasnya bakal bilang ini itu.  Buat apa sih punya sim ???  Biar aman kalau ada :

operasi kendaraan bermotor

operasi kendaraan bermotor

razia kendaraan bermotor

razia kendaraan bermotor

razia polisi

razia polisi

 

Urutan cara mengurus perpanjangan SIM

Polisi Lalu Lintas

Ternyata semua bayangan yang ada tidak seseram aslinya hehehe, berikut ini daftar urutan cara mengurus perpanjangan SIM.  Untuk anda ketahui, setiap daerah pasti memiliki angka yang berbeda dalam pembuatannya kali ini saya membagikan pengalaman saya di satlantas polres Pemalang, Jawa Tengah.

  1. Datang ke satlantas langsung menuju loket pendaftaran
    Jangan lupa siapkan semua dokumen yang diperlukan, daripada nantinya bolak balik, dalam hal ini saya menyiapkan fotocopy SIM lama dan fotocopy surat kehilangan dari kepolisian yang sebelumnya saya buat, sertakan juga aslinya sebagai bukti.
  2. Ambil formulir pembuatan / perpanjangan SIM
    Setelah dapat formulir, segera isi formulirnya, kebetulan karena saya mengurus perpanjangan 2 SIM maka saya mendapat 2 formulir dan harus diisi secara bersamaan huhuhuh.  Setelah mengisi datanya, segera anda berikan formulir dan berkas dokumen ke loket yang sama
  3. Cek kesehatan
    Ini mah standar lah, cuma di cek nyut-nyut tensi anda sama cek penglihatan apakah mempunyai gejala rabun.  Disini membayar 25k.  Lokasi cek kesehatan berada di seberang satlantas Pemalang.  Hati2 nyebrangnya hehehe
  4. Kasir BRI
    Setelah cek kesehatan, semua berkas termasuk dr hasil cek kesehatan kita bawa kembali ke samping loket pendaftaran ada pintu tertutup, buka saja dan disitu ada mbak-mbak yang sudah menunggu kita ehm ehmm hehe.  Ingat ya, pembayaran hanya melalui loket BRI saja tidak ada tempat lain.  Untuk 2 sim saya dikenakan biaya 205k, 75k untuk perpanjangan SIM C dan 80k untuk perpanjangan SIM A.
  5. Loket pendaftaran
    Setelah melakukan pembayaran, silahkan serahkan semua berkas ke petugas di loket pendaftaran dan duduk manis menunggu giliran.
  6. Pemotretan
    Nah, selama duduk jangan sampai tertidur ya soalnya nanti dipanggil per 20 orang untuk pemotretan di ruangan yang super kecil wkwkwkw, pas masuk semua hawa dan aromanya sudah campur aduk deh hohohoho.
  7. Jadi deh SIM nya
    Tidak lama setelah pemotretan, kuranglebih 10 menit eh sim nya sudah jadi, senangnya hatiku hohohohoho

Mudahnya cara perpanjangan SIM

Setelah saya total, biaya perpanjangan SIM di kota Pemalang ini ternyata cukup murah bahkan sangat murah, bisa jadi ini adalah biaya perpanjangan SIM termurah se Asia Pasifik wkwkwkwkw.  Total yang saya keluarkan adalah 50k + 155k = 205k plus teh botol 3k wkwkwkwkwkw.  Prosesnya pun tidak sampai 2 jam sudah jadi loh hehehe, nggak tau apakah di semua daerah berlaku seperti itu atau hanya di kota Pemalang yang pemohon sim nya sedikit hehehe.  Demikian pengalaman saya tentang cara mengurus perpanjangan SIM, semoga bermanfaat.

Ikuti Update Yuk...

No spam !

Foto Pesawat Air Asia
7 Oktober 2013
Please sharing if you like :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *