Cara Menjadi Stuntman : Kenali Dulu Potensi Diri Anda

Wah, sudah lama saya tidak menulis artikel tentang dunia stuntman setelah 2 artikel saya sebelumnya yaitu Cara Menjadi Stuntman Dengan Baik dan Cara Menjadi Stuntman : Jangan Cuma Modal Nekad sudah terlebih dahulu saya publikasikan.  Ternyata dari modal 2 artikel tersebut ada beberapa pihak yang sempat mengontak saya baik untuk bertanya-tanya lebih lanjut dan ada juga yang sudah sempat melakukan sesi wawancara melalui email untuk tugas kuliahnya. Padahal saya juga berharap ada yang mau ngontak untuk memberikan job stunt wkwkwkw.  Selain dari itu, 2 artikel tersebut ternyata mampu nangkring di google pada posisi 1 dan 2 dengan kata kunci “cara menjadi stuntman“, tentunya hal ini membanggakan buat saya yang tidak begitu menguasai SEO namun bisa bertengger di posisi 1 dan 2 dalam waktu yang cukup lama.  Oke, sebelum melanjutkan artikelnya, saya harap anda sudah membaca dua artikel tersebut diatas, jika belum saya sarankan untuk membacanya terlebih dahulu karena isi artikelnya ini berkaitan sama lain walau dalam penulisannya tidak bersambung.

Cara Menjadi Stuntman

Artikel cara menjadi stuntman saya kali ini sebetulnya bukan kelanjutan dari artikel sebelumnya karena kali ini saya hanya akan mengupas tentang potensi diri anda dalam rangka menjadi stuntman.  Maka dari itu saya putuskan untuk menambah artikel tentang cara menjadi stuntman dengan beberapa sudut pandang yang relevan tentunya.  Selain itu apa yang saya tulis ini adalah atas dasar apa yang pernah saya alami, jadi saya mohon agar jangan menjadikan tulisan ini sebagai patokan namun gunakan saja sebagai referensi bagi anda yang memang berminat untuk menggeluti dunia stuntman di perfilman.  Saya yakin masih banyak kekurangan dalam tulisan  ini, maka dari itu jika ada teman-teman stuntman, juga mentor-mentor saya terdahulu yang membaca dan merasa ada yang perlu ditambahkan silahkan jangan ragu untuk menghubungi saya agar segera dilakukan revisi atau perubahan.

Cara Menjadi Stuntman : Kenali Dulu Potensi Diri Anda

Cara Menjadi Stuntman.  Baiklah kalau begitu akan segera saya mulai ya, sebelumnya saya pernah membahas di artikel tentang Cara Menjadi Stuntman bahwa adegan stunt harus dilakukan oleh stuntman yang telah menguasai bidangnya.  Dalam hal ini saya memberikan contoh, jika ada adegan stunt berkuda entah itu balapan kuda, jatuh dari kuda atau atraksi dengan menggunakan kuda sebagai sarana dalam adegannya, maka yang harus melakukan adalah stuntman yang memang menguasai tentang dunia per kuda an nah lho jadi aneh bahasanya hehehe.  Jadi begini, ibarat  kita mau membuat adegan balapan kuda tentu kita nggak boleh sembarangan dalam menentukan siapa stuntman yang pantas dan cocok untuk adegan tersebut.  Tidak mungkin stuntman yang biasa melakukan adegan motor entah itu tabrakan, jatuh ataupun sekedar kebut-kebutan akan diberikan kesempatan untuk melakukan stunt berkuda, resikonya akan besar.  “Ah gw kan stuntman, gue siap adegan apa saja !” nah ini adalah contoh yang sering saya temui, ini adalah contoh yang salah mohon jangan ditiru.  Oke lah anda menemukan stuntman yang sudah berkali-kali jatuh dari motor, puluhan kali adegan motor dan lain sebagainya.  Tapi, itu motor, benda mati yang begitu jatuh ya paling banter terposok dan diem ditempat, berbeda dengan kuda jika stuntman dan kuda terlibat adegan jatuh bersamaan maka banyak hal yang bisa kemungkinan terjadi seperti kudanya akan menginjak kepala penunggangnya, kuda akan kembali berdiri sedangkan kaki stuntmannya masih terikat kemudian kuda tersebut lari, gimana ? fatal kan akibatnya ? Bagi saya nggak fatal loh, tapi fatal total karena menyangkut nyawa.  Inilah yang saya maksud tentang adegan stuntman harus dilakukan oleh stuntman yang memang mengerti bidangnya.  Tidak jarang pula stuntman yang menerima adegan yang belum pernah dilakukannya tapi dengan catatan adegannya tidak terlalu berat dan tidak terlalu jauh dari kemampuan dia.  Terus bagaimana cara mencari stuntman yang bisa berkuda ?  Ya gampang, tinggal hubungi agensi-agensi / perkumpulan stuntman untuk meminta tolong dicarikan stunt adegan berkuda.  Jika tidak dapat bagaimana ?  Ya gampang, anda tinggal ke sekolah berkuda, datangi pelatihnya atau muridnya yang sudah mahir berkuda, tawarkan job ini dan saya yakin dia pasti menerima, lha iya wong dibayar hehehe.  Nah sudah dapat kan ? Jadi sekarang sudah mengerti belum maksud dari saya ?  Anda sudah mendapatkan stuntman untuk adegan berkuda… Tapi dia pelatih berkuda bukan stuntman.  Oke, tapi dia menggantikan pemain yang seharusnya menunggang kuda tersebut dan dia sudah layak disebut sebagai stuntman di film anda ( kalau anda sutradaranya hehehe ).

Jadi secara garis besar, siapapun bisa menjadi stuntman, asal kenali dulu potensi diri anda.  Ingat dunia stuntman tidak seseram yang dibayangkan kok, tidak selalu orang tabrakan, jatuh, terbakar, kebut-kebutan, dibanting, dipukul dan lain sebagainya.  Ada juga stuntman untuk dance, stunt untuk sekedar bersepatu roda, stunt untuk berenang, stunt untuk menyelam pokoknya masih banyak lagi stunt yang ada dalam sebuah film.  Bahkan contoh sederhana, kalau anda nonton film Love & Edelweiss yang tayang medio tahun 2009 an, ada adegan memecahkan gelas dengan menggunakan tangan hehehe, tau tidak ? Saya lah yang melakukan adegan itu hihihi.  Lumayan saat itu dibayar 250k untuk kerja 10 detik plus ditambah sarapan dan makan siang hohohoho.  Ini ada fotonya sebelum dan sesudah adegan heheh

Cara Menjadi Stuntman : Contoh stunt sederhana

Cara Menjadi Stuntman

Sebelum pecah

 

:ngakak  :lol:

Sesudah pecah

Sesudah pecah

 Nah kurang lebih seperti itu gambaran yang bisa saya berikan tentang cara menjadi stuntman, mohon maaf apabila ada kata-kata yang tidak berkenan dalam penyampaian saya.  Pada artikel berikutnya yang akan saya publikasikan nanti akan lebih saya kupas secara mendalam dan mendetail lagi agar teman-teman yang berminat untuk menggeluti dunia stuntman bisa mendapatkan informasi yang cukup tentang cara menjadi stuntman.

Ikuti Update Yuk...

No spam !

5 Alasan Bule Tinggal di Indonesia
5 Hal Yang Membuat Cowok Tidak Dewasa
Please sharing if you like :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *