Cara Menjadi Stuntman Yang Baik dan Benar

Cara menjadi stuntman sepertinya jarang sekali diungkap atau dipublikasikan di dunia maya.  Entah dikarenakan memang tidak ada yang berminat untuk menulis artikel tentang cara menjadi stuntman atau juga banyak blogger yang menganggap tidak ada orang yang akan mencari informasi tentang cara menjadi stuntman.  Oleh karena itu saya akan mencoba menulis artikel tentang cara menjadi stuntman, ini dikarenakan latar belakang saya yang juga merupakan seorang stuntman walau belum masuk kategori profesional.  Maka dari itu jika ada stuntman senior yang membaca tulisan ini dan merasa ada sesuatu yang salah, mohon untuk memberikan kritik dan saran kepada saya.

Cara Menjadi Stuntman

Cara menjadi stuntman

Contoh adegan stuntman adegan bakar

 Cara menjadi stuntman

Akhir-akhir ini seringkali ada teman yang menanyakan tentang cara menjadi stuntman baik melalui facebook, twitter, bahkan ada juga yang sms langsung menanyakan tentang hal itu.  Baiklah, saya akan sedikit memberikan gambaran tentang cara dan tekhnik berdasarkan pengalaman saya pribadi.  Menjadi seorang stuntman sebetulnya tidak sesulit yang anda bayangkan, terutama jika anda memang memiliki passion dan tingkat ketertarikan yang cukup tinggi akan dunia stuntman.  Ini terbukti pada diri saya sendiri yang sedari dulu memang tergila-gila oleh adegan-adegan dalam film action yang selalu saya tonton.  Saya selalu membayangkan jika saya adalah pelaku dari adegan-adegan bahaya tersebut, tentunya ini adalah hal yang sangat keren dan laki banget hehehe walaupun ada juga sih stuntman dari golongan wanita yang dikenal dengan sebutan stuntwoman.

Jika anda sudah memiliki minat dan ketertarikan yang tinggi tentang cara menjadi stuntman, segera cari tahu apa skill dan kemampuan yang paling anda kuasai.  Ajaklah teman-teman anda yang memiliki kesamaan hobi tentang stuntman untuk bersama-sama membuat sebuah karya baik dalam bentuk koreografi laga atau sebuah adegan laga.  Kenapa harus bersama teman-teman ?  Hey bung, ini adalah dunia stuntman, ini dunia yang bahaya dan anda tidak mungkin menjalankannya seorang diri, anda memerlukan tim, anda memerlukan asisten dan anda memerlukan pendukung untuk setiap adegan yang akan anda lakukan.  Semua itu hanya bisa anda raih jika anda memiliki tim yang memiliki kesamaan visi dan misi, percayalah walaupun anda memiliki skill 10x lipat dari Jackie Chan, itu tidak akan berguna jika tidak memiliki tim.  Saya pernah melakukan kesalahan dan saya tidak ingin anda melakukan kesalahan sama seperti yang pernah saya lakukan.  Anda tentu tidak ingin mengalami cidera saat melakukan adegan laga namun tidak ada seorangpun yang menemani anda saat itu, tidak mau bukan ?.  Maka dari itu, bangunlah sebuah tim dan samakan visi dan misi.

Lalu untuk apa video yang sudah dibuat ?  Jadi begini, sebuah rumah produksi yang terbiasa menggunakan jasa stuntman dalam produksi filmnya tidak akan begitu saja memberikan kepercayaan sebuah adegan laga kepada stuntman / tim action yang belum memiliki pengalaman sama sekali dalam sebuah produksi film, mengingat dalam adegan stuntman terkadang nyawa menjadi taruhannya.  Jika anda sudah memiliki minimal sebuah video yang menunjukkan bahwa anda beserta tim sudah pernah melakukan adegan-adegan bahaya, ini menunjukkan tingkat keseriusan anda dan tentunya rumah produksi akan mengapresiasi langkah dan usaha anda.

Apakah hanya bermodal video ( lebih sering disebut showreel ) ?  Tentu tidak, anda harus terus mengasah kemampuan yang anda miliki karena tidak menutup kemungkinan jika anda diminta untuk presentasi dan melakukan adegan yang sama dengan di video yang anda kirimkan, anda akan lebih mudah dan tidak ragu lagi dalam mempraktekannya.  Disamping itu, sering-seringlah bergaul dan berlatih bersama dengan tim-tim yang sudah lama malang melintang di dunia perfilman Indonesia.  Ingatlah, se-jago apapun anda dan tim, jika tidak memiliki rasa hormat dan respect kepada tim lain, anda akan dilibas ( hukum bisnis dimanapun ).  Saya sendiri merasakan persaingan di dunia stuntman itu ada namun tetap persaingan yang sehat tentunnya, bukan persaingan yang brutal dan saling menjatuhkan.

Jika sudah mantab dengan pilihan anda, tunggu apalagi ? Segera rencanakan pembuatan video showreel anda, buatlah sebuah konsep, diskusikan bersama teman-teman anda dan buatlah sebuah karya pertama anda.  Tidak perlu harus wah dan mewah, saya sendiri dulu sangat konyol dalam pembuatan video showreel pertama saya yang dibuat dalam waktu 2 hari dan hanya ada 2 pemain.  Pengen lihat contoh video saya ? Nih ada videonya hehehe

:ngakak

Video diatas saya buat pada tahun 2006 ( hihihi nggak terasa ternyata 7 tahun yang lalu ya… ).  Anda bisa lihat kan, tidak ada istimewanya sama sekali, jelek dan hancur hahahaha.  Tapi bagi saya, hey man,,, ini adalah sebuah karya, karya seorang yang tidak mengenyam bangku pendidikan perfilman sama sekali.  Menggunakan peralatan terbatas dan seadanya, serta pengetahuan tentang film yang minim, tapi tetap jadi kan ? hehehe itulah yang disebuat kemauan tinggi akan menghasilkan sesuatu yang bernilai, tidak bernilai bagi anda tapi sangat bernila bagi saya.  

Nah sekarang kan sudah tahun 2013, segalanya makin canggih, masa anda tidak bisa membuat video yang 10x lipat lebih bagus dari video saya ? hehehe… kalau nggak bisa berarti anda belum mendapatkan passion nya hehehe.  Ayo, saya tidak mau terlalu lama memaksa anda untuk membaca tulisan ini, saya ingin jika anda sudah membaca artikel ini segera bergerak, membuat konsep, mematangkan dan segera memproduksi hasil karya perdana anda.  Jika sudah, jangan lupa untuk upload di youtube dan kirimkan link nya ke saya ya hahahaha dan ingat harus jauh lebih bagus dari video saya lho hihihihihi.

Harapan saya, apa yang saya tulis segera dipraktekan bagi anda yang memang memiliki ketertarikan di dunia stuntman, sekian dan terima kasih.  Demikian akhir dari artikel cara menjadi stuntman yang baik dan benar yang mengupas tentang Cara Menjadi Stuntman.

Ikuti Update Yuk...

No spam !

Cara Menjadi Stuntman : Jangan cuma modal nekad !
Review Film A Good Day To Die Hard
Please sharing if you like :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *