Ini Dia 4 Masjid di Dunia yang Selamat dari Bencana

Ini Dia 4 Masjid di Dunia yang Selamat dari Bencana – Masjid merupakan tempat beribadah bagi umat muslim dunia, termasuk Indonesia. Di sinilah mereka melaksanakan sholat lima waktu, sholat jum’at, hingga sholat sunah rawatib, idul Adha, dan idul Fitri. Namun, apa jadinya jika bangunan yang dimuliakan oleh umat islam ini diterpa bencana? Ternyata dari sekian bencana yang telah membuat ribuan nyawa melayang dan banyak sekali bangunan yang luluh lantak, ada setidaknya 4 masjid yang tetap berdiri kokoh di antara bangunan-bangunan itu. Satu di antaranya ada di Indonesia. Di mana saja masjid yang lain? Silakan simak ulasannya dalam artikel kami ini.

Ini rangkuman 4 masjid di dunia yang selamat dari bencana hebat

Ini Dia 4 Masjid di Dunia yang Selamat dari Bencana

Masjid Kobe yang ada di Jepang

Masjid Kobe merupakan masjid pertama yang ada di Jepang, tidak heran jika kemudian masjid inilah yang sangat berarti bagi mereka. Keistimewaan masjid ini tidak hanya karena dibangun pertama kali di Jepang. Lebih dari itu, masjid ini tetap berdiri kokoh setelah diterpa bencana lebih dari satu kali. Ya, masjid yang diresmikan pada tahun 1935 ini sempat terkena dampak bom Hiroshima dan Nagasaki yang diledakkan 10 tahun setelah peresmiannya (1945). Sebab letaknya yang tidak jauh dari lokasi pengeboman. Saat itu, banyak sekali bangunan di Kobe yang hancur dan masjid Kobe menjadi bangunan yang hanya mengalami keretakan pada bagian dinding luar sekaligus kaca-kaca masjid mengalami pecah. Setelah kejadian itu, masjid Kobe juga tetap bertahan saat ada gempa di Jepang pada tahun 1995. Padahal saat itu, korban jiwa mencapai 140 ribu orang.

Masjid Golcuk yang ada di Turki

Peristiwa yang menewaskan lebih dari 40.000 jiwa terjadi di Turki pada tahun 1999 ternyata menjadi salah satu peristiwa di mana ditunjukkan sebuah bangunan masjid di dunia yang selamat dari bencana. Gempa dahsyat yang membuat sekitar 44 ribu orang mengalami luka itu ternyata tidak membuat bangunan masjid Golcuk rusak. Sebaliknya, bangunan bermenara itu utuh, baik bangunan utama, menara, hingga bangunan yang ada di depannya. Subhanallah.

Masjid Baiturrahman yang ada di Indonesia

Bukan rahasia lagi jika masjid Baiturrahman menjadi salah satu bangunan yang diterjang badai tsunami di Aceh pada 26 Desember 2004 yang lalu. Saat semua bangunan luluh lantak dengan tanah dan korban jiwa mencapai ratusan ribu, masjid tersebut menjadi lokasi yang aman untuk berlindung karena tetap tegak berdiri. Dari foto yang diambil dari atas, terlihat titik putih yang masih berdiri sementara di sekitarnya sudah tidak ada bangunan alias rata dengan tanah.

Masjid Al Fatihah yang ada di Haiti

Bangunan masjid di dunia yang selamat dari bencana selanjutnya adalah masjid Alfatihah yang ada di Haiti. Masjid ini pun menjadi tempat berlindung yang aman bagi masyarakat saat gempa melanda pada tahun 2010. Saat itu, gedung-gedung besar dan kokoh telah ambruk dan rusak parah, termasuk istana kepresidenan dan gedung pemerintahan. Sementara masjid ini hanya mengalami retak di bagian dinding luarnya.

Ikuti Update Yuk...

No spam !

5 Hal Penting yang Diajarkan oleh Supermarket
8 Tips Liburan Hemat dan Nyaman di Bulan Desember
Please sharing if you like :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *