Penata Laga Dalam Sebuah Film Action

Penata Laga Dalam Sebuah Film ActionPenata laga adalah salah satu komponen penting yang berada dalam departemen action sebuah film.  Tugas pokok penata laga adalah memberi koreografi sebuah adegan baik itu pertarungan satu lawan satu maupun perkelahian massal.  Penata laga jarang kita dengar dalam istilah perfilman internasional karena tentu saja mereka menggunakan istilah dalam bahasa inggris yaitu fight coreography  yang dalam Wikipedia dituliskan stage combat.

Penata Laga Dalam Sebuah Film Action

Jika anda penonton setia serial laga era 90an seperti Misteri Gunung Merapi, Sahur Sepuh dan sebagainya, tentu tidak asing lagi dengan adegan-adegan yang dipertontonkan yaitu perkelahian.  Itu adalah hasil daripada penata laga yang terlebih dahulu membuat gerakannya sebelum shooting dilaksanakan.  Sehubungan dengan banyaknya aktor atau pemain yang melakukan adegan dalam sebuah film atau sinetron maka penata laga harus bekerja minimal 2 orang, maka dari itu sebuah tim diperlukan untuk proses pembuatan koreografi laga.  Tim penata laga sendiri nantinya akan bertugas sesuai dengan posisinya masing-masing, ada yang bertugas untuk mencari atau membuat gerakan, ada juga yang menjadi role model untuk adegan ada pula yang bertugas untuk mempersiapkan peralatan penunjang seperti matrass dan beberapa alat pelindung ( protector ).

Penata Laga film Headshot

Iko Uwais & aktor dari Jepang siap berlaga. ( Headshot )

Memiliki dasar beladiri bukanlah hal yang wajib bagi seorang penata laga, namun jika menguasai teknik beladiri tentunya hal itu akan menambah nilai plus dan lebih mudah dalam merancang gerakan.  Beberapa aktor ternama di Indonesia juga kerap membuat koreografi untuk film mereka.  Sebut saja Iko Uwais dan Yayan Ruhiyan yang terlibat dalam pembuatan koreografi film Merantau, The Raid & The Raid 2, juga ada Cecep Arif Rahman yang terlibat dalam film The Raid 2, dan juga film Alif Lam Mim ( 3 ).  Menguasai beladiri menjadikan para aktor tersebut dengan cepat mengikuti koreografi baik yang didesign oleh mereka sendiri maupun oleh tim penata laga.

Iko Uwais dan Cecep Arif Rahman

Iko Uwais dan Cecep Arif Rahman dalam film The Raid 2

Penata Laga Dalam Sebuah Film Action

Basic seorang penata laga sangat menentukan aroma dalam filmnya, sebagai contoh Tony Jaa yang menguasai beladiri Muay Thai maka dalam film Ong Bak kental adegan perkelahian dengan menggunakan jurus-jurus dan gerakan muay thai.  Begitu juga Iko Uwais, dengan basic beladiri silat membuat beberapa film yang dia bintangi seperti Merantau, The Raid 1 dan 2 memiliki aura tersendiri yaitu penuh dengan sentuhan silat.  Ini tentunya membanggakan karena disamping silat merupakan beladiri dari Indonesia, film-film tersebut mampu mencuri perhatian sineas Hollywood.  Bahkan sutradara Captain America Winter Soldier pun mengakui bahwa adegan fighting dalam film besutannya itu terinspirasi dari adegan film The Raid, wow keren bukan.

Captain America Terinspirasi The Raid

Adegan dalam film Captain America The Winter Soldier

Iko Uwais The Raid

Aksi Iko Uwais di The Raid

Iko dan Yayan Ruhian

Iko dan Yayan Ruhian beraksi di The Raid

Penata Laga Dalam Sebuah Film Action

Jadi kalau begitu siapa saja sih yang bisa menjadi penata laga ?  Tentunya siapapun bisa asalkan memiliki kemauan untuk menjadi penata laga.  Namun jika anda memang berniat untuk menjadi seorang penata laga baik untuk film, sinetron, film pendek atau bahkan film tugas sekolah atau kuliah, ada beberapa hal yang harus diketahui karena fighting dalam sebuah film jauh berbeda dengan fighting dalam dunia nyata.  Seperti apa perbedaanya, saya akan mengupas lebih lanjut pada artikel selanjutnya.  Mohon do’anya saja agar di artikel lanjutannya nanti bisa menyertakan video sebagai contoh.

Jika ada kekurangan dalam catatan ini mohon kiranya dapat memberikan tambahan kepada saya secara langsung, bisa melalu kolom komentar dibawah ini maupun melalui email.  Jika bermanfaat silahkan dibagikan ke kawan-kawan anda yang sedang berkecimpung di dunia perfilman.  Demikian catatan harian kali ini yaitu Penata Laga Dalam Sebuah Film Action yang tentunya mengambil tema tentang sepak terjang dan tugas penata laga, semoga catatan ini bermanfaat bagi anda.

Summary
Article Name
Penata Laga Dalam Sebuah Film Action
Description
Penata laga adalah salah satu komponen penting yang berada dalam departemen action sebuah film.
Author
Ikuti Update Yuk...

No spam !

Iko Uwais Kembali Beraksi di Film Headshot
Foto Terbaik Gerhana Matahari Total 2016
Please sharing if you like :
Comments (1)
  1. Unchex January 7, 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *