Pengalaman Cetak Tiket Mandiri Kereta Api di Stasiun Senen

Pengalaman Cetak Tiket Mandiri Kereta Api di Stasiun Senen – Wow, amazing… ya kata itu tadi terlontar dari bibir manis saya #plak… hahaha… lebay dikit boleh lah.  Iya, tadi saya sempat kagum dengan fasilitas baru di stasiun Pasar Senen yaitu mesin Cetak Tiket Mandiri ( CTM )

Cetak tiket kereta api melalui mesin Cetak Tiket Mandiri merupakan hal yang masih jarang dilakukan oleh para calon penumpang yang telah membeli atau pesan tiket kereta api mereka secara online. Dan itu sangat disayangkan karena mesin itu sangatlah membantu dalam mencetak tiket anda kapan saja anda mau.

Pembelian tiket kereta api yang semakin mudah membuat para calon penumpang semakin nyaman menggunakan transportasi kereta api. Didukung dengan kualitas dan pelayanan dari PT KAI yang semakin meningkat, kini pamor kereta api juga semakin membaik.

Salah satu pelayanan yang mungkin sudah tidak asing lagi adalah adanya mesin Cetak Tiket Mandiri (CTM). Dengan adanya mesin CTM ini diharapkan para calon penumpang tidak perlu lagi antri untuk mencetak tiket kereta api setelah mereka memesan / membeli tiket kereta api online.

Belum banyak orang yang menggunakan mesin ini, karena para calon penumpang lebih memilih untuk menukar tiket kereta api mereka di loket-loket stasiun keberangkatan. Padahal dengan dikeluarkannya layanan cetak tiket mandiri ini bertujuan untuk mengurangi antrian di loket stasiun. Salah satu alasannya mungkin calon penumpang belum tahu cara menggunakan mesin CTM ini.

Padahal caranya sangatlah mudah. Mesin ini beroperasi dengan sistem touch screen, dimana calon penumpang hanya perlu memasukkan kode booking pada tiket kereta api yang sudah dipesan secara online. Bagi yang belum terbiasa, sudah disediakan petugas untuk memandu dari awal sampai tiket kereta api anda tercetak.

Cetak Tiket Kereta Api

Mesin Cetak Tiket Mandiri

Berikut kami berikan cara cetak tiket kereta api melalui mesin Cetak Tiket Mandiri:

  1. Input kode booking di kotak isian Kode Pemesanan

  2. Input no HP atau no ID yang tertera pada struk pembayaran di kotak isian No.Telp/Identitas

  3. Input stasiun keberangkatan di kotak isian Stasiun Keberangkatan

  4. Klik tombol Cari

  5. Akan Muncul tampilan info data penumpang

  6. Apabila sudah sesuai dengan data pemesanan anda silahkan klik tombol Cetak

  7. Ambil tiket yang sudah di cetak

Dan anda sudah mendapatkan tiket kereta api anda. Salah satu hal yang juga menjadi perhatian PT KAI adalah seringnya para calon penumpang yang sudah mempunyai tiket kereta api mereka melalui layanan reservasi tiket kereta api online tidak langsung mencetak tiketnya masing-masing. Masih banyak calon penumpang yang mencetak tiket mereka beberapa saat sebelum keberangkatan.

Berikut kami berikan daftar stasiun yang sudah menyediakan mesin CTM :

  1. Daop 1 = Jakarta Kota, Gambir, Pasar Senen, Bogor, Bekasi, Tangerang

  2. Daop 2 = Bandung

  3. Daop 3 = Kejaksan, Prujakan, Jatibarang

  4. Daop 4 = Semarang Tawang, Pekalongan

  5. Daop 5 = Purwokerto, Kutoarjo

  6. Daop 6 = Yogyakarta, Solo Balapan, Lempuyangan

  7. Daop 7 = Madiun, Kediri

  8. Daop 8 = Surabaya Gubeng, Surabaya Pasarturi

  9. Daop 9 = Banyuwangi, Jember

  10. Divre 1 = Medan

  11. Divre 3 = Kertapati, Tanjungkarang

Dan fasilitas cetak tiket kereta api mandiri tersebut terus ditambah seiring peningkatan pelayanan PT Kereta Api Indonesia, terakhir saya lihat di stasiun kecil seperti kota Pemalang pun sudah memiliki mesin cetak tiket ini… Keren kan,,,

:iloveindonesia

Dengan adanya mesin cetak tiket mandiri ini diharapkan para pengguna jasa kereta api semakin mendapatkan kemudahan dan kenyamanan dalam memakai moda transportasi kereta api sebagai pilihan mereka.  Demikian catatan saya tentang Pengalaman Cetak Tiket Mandiri Kereta Api di Stasiun Senen, semoga bermanfaat.

Ikuti Update Yuk...

No spam !

Bikepacker Series : Amazing Race Surabaya Menuju Pulau Opak
Filmares 2015 : Indonesia International Filmmaking Resources
Please sharing if you like :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *