Pulau Malenge andalan provinsi Sulawesi Tengah

Pulau Malenge, dapat saja menjadi salah satu pulau favorit anda di antara puluhan pulau yang tercakup dalam kompleks wisata bahari andalan Provinsi Sulawesi Tengah di Togean.  Pulau Malenge sebenarnya meliputi dua bagian pulau, yaitu Pulau Papan yang dihuni suku Bajoe dan Pulau Kadoda yang berupa cottage meliputi 8 kamar. Kedua pulau tersebut dihubungkan jembatan kayu panjang yang memukau sejauh 1.800 meter.  Saya sendiri bermaksud untuk menjelajahi pulau ini dalam waktu dekat ini.

Pulau Malenge

Pulau Malenge

Pulau Malenge

Berikut tips yang perlu Anda perhatikan jika berkunjung ke Pulau Malenge yang termasuk dalam kawasan Taman Nasional Kepulauan Togean, Sulawesi Tengah.

1. Musim kemarau adalah saat terbaik mengunjungi Pulau Malenge dan sekitarnya. Khusus untuk Togean yang menurut penduduk lokal musim hujannya sedikit berbeda, waktu kunjung terbaik adalah Juli hingga November.

2. Bawalah bekal makanan, minuman, sunblock, kamera, obat-obatan, senter dan kebutuhan lainnya sebab tak ada toko di pulau tersebut. Bagi yang tidak terlalu suka menu seafood, sebaiknya membawa lauk tambahan (makanan kering atau instant).

3. Jangan lupa membawa krim anti nyamuk dan obat anti malaria mengingat di Kepulauan Togean terkenal akan banyaknya nyamuk.

4. Tisu basah merupakan hal yang penting untuk dibawa sebagai persiapan, mengingat kebutuhan akan air bersih terbatas didapatkan di pulau-pulau kecil sekitar Togean tersebut.

5. Bawalah plastik atau drypack untuk melindungi barang-barang Anda seperti kamera, handphone, jam tangan, dan lain-lain.

6. Pastikan Anda tahu jadwal keberangkatan/kepulangan kapal yang akan menjadi alat transportasi Anda. Hal ini dikarenakan kapal-kapal tersebut biasanya tidak beroperasi tiap hari. Informasi yang benar akan menyelamatkan dan membuat perjalanan Anda lebih efektif dan berjalan sesuai rencana.

7. Pulau Togean masih terbilang alami dan lestari, berpartisipasilah menjaganya dengan tidak membuang sampah sembarang atau melakukan tindakan yang mengakibatkan pencemaran dan perusakan lingkungan.

Pulau Malenge

Ini adalah salah satu pulau yang masuk dalam daftar pulau yang akan saya kunjungi di tahun 2013 ini hehehe, jika tahun ini belum sempat tercapai, semoga di tahun 2014 kelak saya berhasil mengunjungi Pulau Malenge.

Ikuti Update Yuk...

No spam !

Cara Pesan Tiket Kereta Api Online
Misteri wanita masa kini
Please sharing if you like :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *