Stuntman Indonesia Semakin Menggeliat

Stuntman Indonesia Semakin Menggeliat – Alhamdulillah sekarang stuntman Indonesia semakin menggeliat dan beragam komunitas dan perkumpulan yang tersebar di berbagai kota besar di Indonesia.  Tidak dapat dipungkiri ini semua terjadi adalah disebabkan efek domino dari beberapa film action hasil karya dalam negeri yang banyak menuai sukses diluar negeri dan juga dalam negeri.  Masih ingat kan pendobrak dari film action di Indonesia yaitu film Merantau ( 2009 ) yang disutradarai oleh Gareth Evans dan diproduksi oleh PT Merantau Film, disusul kemudian film The Raid ( 2012 ) kemudian sequelnya yaitu The Raid 2 Berandal ( 2014 ) dengan pengarahan oleh sutradara yang sama.  Tidak lama kemudian banyak film-film dengan tema laga yang bermunculan seperti Serigala Terakhir hingga yang terbaru yaitu Guardian.  Kebesaran film-film tersebut diatas tidak lepas dari peran-peran stuntman yang terlibat didalam proses pembuatannya.  Beberapa rumah produksi yang mengangkat serial action juga banyak bermunculan, yang paling aktif waktu era 2000 an yaitu rumah produksi Jelita Film yang mana saya pernah terlibat didalamnya sekaligus awal mula karir saya sebagai stuntman Indonesia di industri perfilman.  Beberapa karya Jelita Film yang sering diputar di stasiun televisi yaitu Darah Membara, Sebatas Impian, Preman Kampus dan beberapa FTV yang bertema action.  Selama saya mengikuti proses awal karir disana, tercatat banyak sekali stuntman yang terlibat dalam produksi.  Hampir semuanya melakukan adegan-adegan stunt yang gila dan serba otodidak awal mulanya.  Saya juga termasuk yang paling suka melakukan adegan-adegan tersebut sampe sering ditolak sama pak Ali Santosa selaku sutradara yang selalu menganggap saya belum mampu huhuhu ( kangen banget sama pak Alip, walau dulu suka marah-marah ehhehe ).

Stuntman Indonesia

Salah satu adegan stuntman Indonesia di film The Raid 2 Berandal

Stuntman Indonesia Semakin Menggeliat

Kembali ke era 2014 yuk dimana sekarang stuntman Indonesia sudah mulai menemukan jatidirinya dan siap untuk menjadi tuan rumah di negerinya sendiri.  Saya mengenal berbagai perkumpulan dan komunitas stuntman di Jakarta maupun di beberapa kota besar lainnya.  Adapun seingat saya, perkumpulan stuntman yang ada dan masih eksis hingga saat ini adalah :

  • Piranha Stunt
  • Gatot Stunt
  • Ozzo Purnama Stunt
  • Stunt Fighter Community
  • Kujang Stunt
  • De Brigel Stunt
  • Skywalker Stunt

Juga masih banyak beberapa nama yang ingin saya cantumkan tapi saya ragu apakah mereka sudah menjadi tim atau masih sebatas sering bersama karena ada ikatan kerjasama.  Jadi maaf kalau saja ada yang terlewat tidak saya cantumkan, bukan berarti sentimen lho hehehe.  Saya sendiri tidak tergabung dalam salah satu komunitas tersebut ataupun memiliki komunitas sendiri.  Namun saya berhubungan baik dengan semua komunitas dan perkumpulan yang ada, karena memiliki profesi yang sama menjadikan ikatan bathin yang kuat.  Banyak pula komunitas stuntman yang mengawalinya dari bidang lain lho seperti parkour, bmx, free runner, freestyle bahkan dari dance.  Kan saya pernah menulis artikel tentang stuntman yang tidak hanya identik dengan wajah seram dan badan kekar, search aja di blog saya ini pasti ketemu kok.

Stuntman Indonesia Semakin Menggeliat

Harapan saya pribadi dengan semakin banyaknya perkumpulan dan komunitas stuntman ini bisa menjadi wadah bagi generasi muda dalam menyalurkan hobi dan kreatifitasnya di jalan yang positif, juga bisa membuka lapangan kerja baru loh.  Beberapa teman sering lho mendapat job untuk mengisi sebuah event dan juga untuk semacam perform di acara-acara spesial.  Tidak hanya sehat kan, tapi juga mampu menghasilkan pundi-pundi rupiah untuk uang jajan.  Selain itu, harapan utama saya semoga bagi rumah produksi yang mempekerjakan teman-teman dari kalangan stuntman ini lebih memperhatikan dari segi finansial baik berupa honor maupun tunjangan kesehatan jika terikat dalam bentuk perjanjian kerjasama.

Bagi teman-teman yang ingin belajar menjadi stuntman atau sekedar ingin mengetahui seluk beluk dalam menjadi stuntman bisa baca artikel saya tentang Cara Menjadi Stuntman dan Nyali Saja Tidak Cukup serta mengenali Potensi Diri anda sebelum menjadi seorang stuntman.  Saya rasa siapapun bisa menjadi stuntman kok asal ada kemauan, semangat, kerja keras,pantang menyerah dan putus asa, siap untuk belajar dan memiliki fisik yang kuat.  Saya memulai menjadi stuntman saat berusia 23 tahun dan saya pikir tidak ada kata terlambat jika ingin memulai sesuatu yang kita idamkan, betul tidak hehehe.  Semoga di tahun-tahun mendatang akan banyak film action yang diproduksi sehingga teman-teman stuntman bisa merasakan hasil kerja keras dan perjuangannya selama ini.  Demikian artikel singkat saya tentang Stuntman Indonesia yang mulai menggeliat, semoga bermanfaat.

Salam stunt,

Udeh Nans

Ikuti Update Yuk...

No spam !

Kisah Para Stuntman di film The Raid 2 Berandal
Review Film Brick Mansions 2014
Please sharing if you like :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *