7 Ciri-Ciri Pinjaman Online Terpercaya

7 Ciri-ciri Pinjaman Online Terpercaya – Kondisi keuangan menjadi hal paling penting dalam mengarungi kehidupan.  Terutama ketika hendak membuka usaha tentu memerlukan pendanaan yang tidak sedikit.  Beberapa orang menggunakan uang sendiri karena kemampuan finansial berlebih.  Namun, tidak jarang orang mengandalkan pinjaman.  Salah satu yang tengah viral adalah munculnya fenomena pinjaman online.  Memang banyak beredar isu kurang sedap seperti penipuan, pengancaman debitur, hingga persentase bunga tidak wajar. Oleh karena itu, kenali dulu ciri-ciri pinjaman online terpercaya yang tidak akan menjerumuskan.

ciri ciri pinjaman online terpercaya

Ilustrasi Pengajuan Pinjaman Online (mediakonsumen.com)

 

Sudah jadi rahasia umum, banyak perusahaan penyedia jasa pinjaman online menjanjikan banyak kemudahan dan keuntungan.  Target pendanaan juga beragam mulai dari kebutuhan pribadi, dana pendidikan, kesehatan hingga UMKM.  Memang pinjaman tersebut tidak langsung mempertemukan kreditur dengan debitur karena proses dilakukan melalui platform resmi berupa website atau aplikasi.  Berikut ini adalah ciri-ciri pinjaman online terpercaya

7 Ciri Pinjaman Online Terpercaya di Indonesia!

ciri ciri pinjaman online terpercaya diawasi OJK

Pinjaman Online Terpercaya Diawasi OJK (reksadanacommunity.com)

Perusahaan penyedia jasa pendanaan online kini sudah menjamur.  Sayangnya, tidak semua perusahaan terpercaya, mirisnya ada penipuan berkedok pinjaman online.  Ujung-ujungnya yang dirugikan pasti masyarakat.  Agar tidak terjerumus dalam pinjaman ilegal ini, wajib tahu 7 ciri-ciri pinjaman online terpercaya.

1. Perhatikan Persyaratan

Berbeda dengan peminjaman kredit atau pendanaan di bank, pinjaman online biasanya menyajikan persyaratan yang lebih simple.  Namun, jika persyaratan sangat mudah bahkan tidak masuk akal sebaiknya urungkan niat.  Idealnya pinjaman secara online masih tetap meminta persyaratan dan dokumen tertentu sebelum memasuki proses verifikasi.  Informasi spesifik juga akan diminta seperti keperluan pinjaman, dokumen persyaratan, hingga nominal gaji.

2. Pengawas (Regulator)

Ciri-ciri pinjaman online terpercaya yang paling signifikan adalah terdaftar dan sudah mempunyai izin Otoritas Jasa Keuangan atau OJK.  Pihak OJK inilah yang bertugas sebagai regulator sehingga setiap transaksi yang dilakukan kreditur dengan debitur berlangsung aman dan sesuai peraturan yang berlaku.  Selain itu, dengan adanya OJK maka kenyamanan debitur atau nasabah pinjaman online lebih terjamin.

3. Mencantumkan Alamat Kantor

Platform pinjaman online berupa website atau aplikasi masih belum berwujud kebendaan.  Jadi, jika perusahaan tersebut benar-benar terpercaya bisa dilihat dari alamat kantornya.  Apakah memiliki kantor yang jelas atau hanya pelengkap persyaratan saja.  Jangan pernah mengajukan pinjaman ke platform yang sama sekali tidak mencantumkan alamat kantor.

Pasalnya sangat berpotensi besar terjadi penipuan yang dapat merugikan debitur.  Lokasi kantor yang tercantum juga harus jelas, sehingga ketika terjadi masalah selama proses transaksi dapat mengunjungi kantornya langsung.

4. Keamanan Akses Data

Setiap kali mengajukan pinjaman online, calon debitur tentu diwajibkan mengisi data, dan mengupload berbagai dokumen.  Misalnya, mengupload foto KTP, selfie dengan memegang KTP, surat keterangan kerja atau surat keterangan usaha.

Data-data tersebut harus aman dan dijaga kerahasiaannya oleh perusahaan penyedia jasa pinjaman online.  Perhatikan apakah platform yang diajukan pinjaman tersebut dilengkapi dengan sertifikasi ISO 27001.  Sertifikasi ini menegaskan bahwa perusahaan bersedia melindungi semua informasi pribadi dari debitur.

5. Bunga Masuk Akal

Salah satu alasan masyarakat meminjam dana online karena suku bunga yang rendah.  Menggemparkan lagi, ada beberapa pinjaman online mengenakan bunga cicilan dibawah 2%.  Apabila dipikir-pikir sangat menggiurkan, namun harus tetap waspada apakah ada iuran atau potongan tersembunyi dari pinjaman.

Menurut OJK bertindak sebagai pengawas, setiap perusahaan pinjaman dana tunai secara online harus memegang asas transparasi.  Artinya, ketika awal pengajuan kredit maupun pinjaman harus mencantumkan bunga dan denda maksimal yang jelas.  Dilihat dari kebijakan yang dikeluarkan Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI) mengatur suku bunga ketika terjadi keterlambatan cicilan maksimal 0,8%  setiap hari.

6. Cara Penagihan Wajar

Masalah paling sering ditemukan pada perusahaan penyedia pinjaman online adalah keterlambatan debitur membayar hutang. Alhasil, pihak perusahaan terpaksa menurunkan debt collector untuk menagih.  Hal ini sebenarnya wajar jika debt collector menagih berdasarkan standar kerja, etika, dan norma yang baik.

Namun, pada kenyataannya debt collector melakukan penagihan diluar batas kewajaran.  Contoh mengeluarkan makian, ancaman, dan tidak jarang perkataan yang membahayakan keselamatan debitur.

Ingat, perusahaan penyedia pinjaman dana tunai melalui sistem online terpercaya tidak akan melakukan hal memalukan tersebut.  Disamping itu, pihak OJK juga menegaskan orang yang bertugas melakukan penagihan wajib memegang sertifikasi resmi dari AFPI. Cara penagihannya pun harus mengikuti standar dan SOP dari AFPI.

7. Sarana Pengaduan Konsumen

Pada platform penyedia pinjaman online terpercaya biasanya menyediakan tempat untuk memberikan kritik dan saran, serta pengaduan dari debitur atau nasabah. Selanjutnya, laporan-laporan ini akan dilanjutkan kepada OJK.  Pihak AFPI juga turut serta menerima pengaduan dari masyarakat jika ada perusahaan pinjaman online bodong yang meresahkan debitur maupun nasabahnya.

Setelah menyimak ketujuh ciri-ciri pinjaman online terpercaya tentu sedikit banyak membuat cemas.  Pasalnya, banyak jebakan batman seolah-olah menjamin keamanan dan kenyamanan debitur yang ujung-ujungnya merugi.  Tahukah kamu Kredivo tidak akan melakukan hal merugikan kepada debitur.  Justru platform yang bernaung dibawah FinAccel ini terdaftar dan dibawah pengawasan OJK.  Lebih terpercaya lagi, Kredivo juga menjadi anggota AFPI, sehingga layanan keuangan yang diberikan tidak perlu diragukani.

Langkah Anti Gagal Mengajukan Pinjaman Online

ciri ciri pinjaman online terpercaya agar tidak gagal

Peruntukan Dana Pinjaman Online (jabarekspres.com)

Kali ini langkah-langkah anti gagal ketika mengajukan pinjaman online.  Tidak sedikit orang ditolak pengajuan pinjaman karena kesalahan input data dan dokumen.  Mari disimak uraian berikut agar paham tentang Ciri-Ciri Pinjaman Online Terpercaya.

1. Baca dan Pahami Ketentuan Berlaku

Membaca bukan hanya ‘jendela ilmu’ saja, tetapi sangat berguna supaya tidak terjadi kesalahan saat pengajuan pinjaman online.  Intinya, wajib memahami syarat dan ketentuan berlaku supaya pengajuan cepat disetujui.  Pastikan dalam bacaan tersebut tidak ada informasi penting terlewat.

2. Mengisi Data Diri Sesuai Dokumen Resmi

Pinjaman online sudah pasti proses daftarnya dilakukan secara online pula.  Namun, sering kali calon debitur salah melampirkan dokumen atau foto yang diminta blur.  Kesalahan ini justru membuat proses verifikasi dan persetujuan terhambat.  Jangan lupa mengisi data diri sesuai dengan KTP dan jika diminta mengirim dokumen dalam bentuk pdf maka kirim sesuai format tersebut.

3. Mengajukan Nominal Pinjaman Wajar

Pada dasarnya peminjaman dana tunai secara online ini diperuntukkan sebagai akomodasi dan membantu.  Jadi, ketika mengajukan pinjaman usahakan nominalnya tidak lebih dari gaji selama 1 bulan.  Apabila melebihi gaji bahkan nominal peminjamannya jauh berkali-kali lipat biasanya akan ditolak. Selain itu, nominal peminjaman dana yang wajar akan mempermudah Anda ketika membayar cicilan bulanan.

4. Kartu Kredit Tidak Bermasalah

Pihak perusahaan penyedia dana pinjaman tunai online ketika melakukan verifikasi umumnya memeriksa riwayat kartu kredit calon debitur.  Apabila kamu pernah mengajukan pinjaman dan sulit membayar cicilan hingga terlilit hutang maka perbanyak berdoa.  Pasalnya, bagi mereka yang memiliki riwayat kartu kredit buruk pengajuan pinjaman sangat berpotensi ditolak.  Alangkah baiknya memastikan apakah riwayat kredit sebelumnya berstatus lancar, tidak lancar, macet, atau terlilit hutang.

Kenalan Platform Pinjaman Online Terpercaya, Kredivo!

Kredivo ciri ciri pinjaman online terpercaya

Platform Resmi Kredivo (www.kredivo.com)

 

Ciri-Ciri Pinjaman Online Terpercaya, melalui platform resmi Kredivo Anda dapat melakukan transaksi peminjaman dana tunai secara online lebih nyaman.  Pasalnya, akseleran Kredivo resmi terdaftar dan diawasi langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).  Berbagai keunggulan lain yang diperoleh mulai dari program referal, Kredivo Point, hingga transaksi menggunakan Kode QR.  Jadi, jangan ragu lagi segera download aplikasi Kredivo.

Saya termasuk pengguna Kredivo yang beruntung mendapat limit 30 juta dan masih aktif sampe sekarang ?  Ingin punya limit besar di Kredivo, silahkan daftar Kredivo lalu masukkan kode SAIFMJUK pada kode referal.  Nanti saya akan bagikan tips agar akun Kredivo anda cepat mendapat limit besar.  Demikian artikel terbaru dari saya tentang Ciri-Ciri Pinjaman Online Terpercaya dan semoga bermanfaat untuk anda.

Langganan Artikel Yuk
Cukup masukkan email anda
I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )
We respect your privacy
Kisah Inspiratif Tokopedia Ternyata Berawal dari MAKERFEST
Cara Pembayaran Kredivo Melalui mBCA
Please sharing if you like :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *