Cara Pembayaran BPJS Kesehatan Melalui Traveloka

Cara Pembayaran BPJS Melalui Traveloka – Kali ini saya akan berbagi tentang pembayaran BPJS Kesehatan dan pengalaman saat membayar tagihan BPJS melalui aplikasi Traveloka.  Saya sendiri baru bergabung menjadi anggota BPJS pada akhir tahun 2017 dan saat itu masih tergabung di kartu keluarga orang tua ( ibunda ).  Saat itu keanggotaan BPJS kami masih bersifat mandiri yaitu membayar iuran rutin sebesar 80.000 rupiah per anggota keluarga untuk kategori kelas 1.  Selama keanggotaan BPJS Kesehatan yang mandiri, saya melakukan pembayaran iuran rutin melalui aplikasi Traveloka.  Aplikasi Traveloka sudah lama saya gunakan untuk membeli tiket pesawat, kereta, hotel dan jika keluar negeri saya gunakan untuk membeli tiket atraksi / tempat wisata yang biasanya harganya jauh lebih murah dibandingkan kita langsung beli di lokasi.

Cara Pembayaran BPJS Kesehatan Melalui Traveloka

Proses pembayaran BPJS Kesehatan melalui Traveloka sangatlah mudah, siapapun bisa melakukannya asalkan mempunyai akun Traveloka ( jika tidak punya bisa pinjam akun milik teman / saudara ).  Selain itu beberapa pilihan metode pembayaran bisa menggunakan transfer bank, kartu kredit, direct debit dan juga travelokaPay ( PayLater ).  Untuk lebih jelasnya saya akan memberikan beberapa screenshot urutan proses pembayaran BPJS Kesehatan melalui Traveloka.

Cara Pembayaran BPJS

Buka menu pembayaran tagihan

pembayaran BPJS Kesehatan

Pilih go to Payment

Cara Pembayaran BPJS

Pilih berapa bulan tagihan yang akan dibayar

Cara Pembayaran BPJS

Cek dulu pembayaran transaksi yang akan anda lakukan

Cara Pembayaran BPJS

Pilih metode pembayaran

Cara Pembayaran BPJS

Jika metode transfer bank, pilih bank yang akan digunakan

Cara Pembayaran BPJS

Lanjutkan dengan pay with BCA

Perhatikan nomor rekening dan nominal yang harus ditransfer

Nah, demikianlah informasi singkat tentang cara pembayaran BPJS Kesehatan melalu aplikasi Traveloka.  Jika kategori peserta anda adalah Mandiri maka anda bisa menggunakan metode pembayaran ini.  Saya tidak bisa lagi menggunakan metode pembayaran seperti ini karena keanggotaan saya sudah terpisah dari orang tua dan kategori BPJS Kesehatan saya sekarang Pekerja Penerima Upah yang mana untuk pembayaran dilakukan oleh perusahaan tempat saya bekerja.  Kategori Pekerja Penerima Upah beda lho untuk iuran bulanan BPJS Kesehatan, sudah ada aturan resmi dari pemerintah.  Berikut ini ada beberapa sumber yang bisa menjelaskan letak perbedaannya.

Oh ya, bagi para peserta kategori Mandiri, jangan sampe tidak membayar BPJS anda hingga 3 bulan berturut-turut ya.  Pengalaman dari istri saya yang keluarganya hampir 2 tahun tidak membayar iuran BPJS akhirnya masuk keanggotaan dengan kategori PDB yang artinya iuran dibayar oleh pemda DKI.  Namun hanya bisa masuk di kelas 3 untuk pengobatannya.  Beruntung sekarang semuanya sudah dibereskan dan akhirnya bisa berubah lagi menjadi kelas 1.  Terima kasih sudah membaca artikel kali ini yang mengupas tentang pembayaran BPJS Kesehatan.

Langganan Artikel Yuk
Cukup masukkan email anda
I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )
We respect your privacy
Pengalaman Naik KA Tawang Jaya Premium Mengajak Bayi Usia 2 Bulan
Please sharing if you like :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *