Kisah Inspiratif Tokopedia Ternyata Berawal dari MAKERFEST

Kisah Inspiratif Tokopedia Ternyata Berawal dari MAKERFEST – Tokopedia, Siapa yang tidak mengenal aplikasi jual beli satu ini? Sebuah perusahaan terkenal yang bergerak di bidang teknologi Indonesia.  Dari awal perusahaan ini berdiri, yaitu tahun 2009 perusahaan memiliki tujuan yang hendak dicapai untuk meratakan perekonomian melalui dunia digital.  Dengan perkembangannya yang sangat pesat, perusahaan berhasil menjadi unicorn yang mempengaruhi perekonomian Asia Tenggara yang tentunya dengan jangkauan luas.

Kisah Inspiratif Tokopedia

Sumber: KataData

Pendiri dari perusahaan yang menjalankan sistem daring ini adalah William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison.  Kedua orang ini ingin berkontribusi memajukan negara, yaitu membantu perkembangan Sumber Daya Manusia (SDM) dengan cara berbisnis.  Karena dengan menekuni dunia bisnis, semua orang bisa mendapatkan ekonomi yang layak dan tingkat pengangguran secara perlahan akan terus berkurang.

Awal Mula Bisnis Tokopedia Dijalankan

Sejak awal mula berdiri, perusahaan yang menggunakan kecanggihan di dunia digital ini menyediakan marketplace untuk semua individu, toko-toko kecil yang baru memulai bisnis di bidang jual beli, dan bahkan brand terkenal yang ingin mengembangkan bisnisnya melalui teknologi digital.  Perusahaan ini juga merupakan perusahaan pertama yang menghubungan antara penjual dan pembeli dengan cepat walaupun jaraknya jauh.

Selain misinya yang ingin menjadi salah satu pelaku ekonomi negara, perusahaan ini juga memiliki visi untuk ikut membangun ekosistem dimana semua orang bisa memulai untuk mengembangkan usaha dan menemukan apapun yang dicari dengan jangkauan yang sangat luas.  Jangkauan yang luas ini bisa dilakukan dengan mudah karena semua orang bisa mengunjungi website secara gratis.

Hingga saat ini, Tokopedia bisa membantu banyak usaha menengah ke bawah untuk mendapatkan peningkatan penghasilan yang didapatkan selain dari pendapatan offline.  Dengan begitu, semua usaha yang berpartisipasi pada ketersediaan marketplace ini mampu berkembang dengan waktu yang cepat.

Untuk mengupayakan agar usaha semua orang semakin maju dengan inovasi-inovasi baru, perusahaan yang menjalankan sistem daring ini membuat beberapa program yang salah satu program tersebut adalah kolaborasi.  Program ini telah dijadwalkan menjadi program tahunan yang sudah dimulai sejak tahun 2018 silam.  Acara tahunan ini selalu digelar secara serentak hampir di seluruh kota yang ada di Indonesia dengan bentuk perayaan dengan kreasi-kreasi yang baru.

Bersamaan dengan program tahunan yang dibuat, perusahaan digital membuat Tokopedia center.  Tujuannya adalah agar seluruh pengunjung website bisa bertransaksi melalui online maupun offline, membeli tiket pesawat dan kereta secara online, membayar berbagai tagihan kebutuhan seperti BPJS dan tagihan listrik, belanja dengan cara yang interaktif, hingga memberi seluruh informasi mengenai penggunaan aplikasi untuk orang-orang yang ingin daring tapi masih bingung bagaimana prosesnya.

Tokopedia Menggunakan Modal dari Pendanaan Beberapa Perusahaan Besar

Berdirinya perusahaan ini dengan perkembangan yang cepat tidak hanya mengandalkan modal dari si pendiri saja.  Melainkan dari modal-modal yang diberikan oleh beberapa perusahaan besar.  Untuk modal awal, PT Tokopedia mendapatkan dana dari PT Indonusa Dwitama, kemudian pada tahun-tahun selanjutnya bisa mendapatkan suntikan dana dari pemodal lainnya.

Beberapa pemodal tersebut diantaranya adalah East Ventures pada tahun 2010, Cyberagent Ventures pada tahun 2011, Net Price pada tahun 2012, dan Softbank Ventures Korea pada tahun 2013.  Dan pada tahun 2014, perusahaan yang memperkenalkan marketplace ini menjadi perusahaan teknologi pertama di Asia Tenggara yang berhasil mendapatkan investasi yang cukup besar.

William Tanuwijaya selaku CEO mengatakan bahwa investor yang memberikan dana tidak berhenti disitu saja.  Tapi pada tahun-tahun selanjutnya pun banyak investor yang menyediakan dana dengan jumlah yang semakin besar.

Tujuan mereka berani memberikan suntikan dana dalam jumlah yang besar adalah untuk memperluas jaringan di Indonesia maupun Asia Tenggara.  Selain itu, tujuan baiknya adalah agar terikat kerjasama yang baik antar negara dan saling menguntungkan.

Oleh karena itu, tidak heran jika Tokopedia semakin lama semakin berkembang dengan menguntungkan banyak pihak.  Terutama untuk pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang bisa mendapatkan jaringan yang luas untuk menawarkan barang yang dijual dengan cepat dan mudah.

Penghargaan yang Berhasil Diraih oleh Tokopedia

Berkat semua usaha yang dilakukan guna mengembangkan bisnis daring di Indonesia, perusahaan teknologi satu ini mampu meraih penghargaan Marketeers of The Year 2014 pada acara Markplus Conference yang digelar pada akhir tahun 2014.  Kemudian pada tahun 2016, berhasil menjadi Best Company dari Indonesia Digital Economy Award 2016.

Dan pada tahun 2018, aplikasi jual beli terpopuler mampu meraih beberapa penghargaan secara berturut-turut.  Beberapa penghargaan membanggakan itu adalah berhasilnya menjadi puncak Apple Store yang mampu mengalahkan beberapa aplikasi yang unggul sebelumnya.  Sedangkan di Android, aplikasi jual beli ini berhasil menjadi #3 Top Chart di Google Play dimana tempat untuk pengguna android mendownload semua aplikasi.

Brand Ambassador untuk Memperkenalkan Kepada Publik

Brand ambassador sudah biasa digunakan oleh tempat wisata, merek dari berbagai produk, hingga aplikasi yang dibutuhkan oleh banyak orang.  Tujuannya adalah untuk lebih memperkenalkan kepada semua orang agar tahu bahwa ada produk baru, tempat wisata baru, serta aplikasi baru yang pastinya harus dicoba oleh seluruh masyarakat.

Nah, dengan mencapai tujuan tersebut Tokopedia juga memiliki brand ambassador, yaitu Chelsea Islan yang harus mempresentasikan tentang aplikasi ini pada tahun 2014.  Dan pada tahun 2015, Isyana Sarasvati yang dipilih menjadi brand ambassador untuk mewakili aplikasi jual beli ini.

Sedangkan pada tahun 2015, perusahaan memilih BTS agar menjadi brand ambassador melihat bahwa boyband asal Korea ini sedang menjadi idola hampir semua orang.  Dengan berkolaborasi dengan BTS, perusahaan digital ini mendapatkan pencapaian yang luar biasa yaitu berhasil memecahkan rekor beberapa tahun terakhir.

Perkembangannya yang cukup pesat dengan waktu yang singkat, aplikasi ini bisa terus mengikuti perkembangan zaman dengan semakin banyaknya aplikasi yang serupa.  Jika dilihat dari banyaknya pengguna yang mengandalkan sebagai aplikasi jual beli terpercaya, Tokopedia bisa untuk terus bersaing dengan aplikasi jual beli lainnya hingga saat ini.  Ditambah lagi dengan selalu menggunakan brand ambassador yang sedang digemari pada masanya.  Cara ini memang efektif dan merupakan kesempatan besar untuk memperkenalkan aplikasi terbaik.  Semoga artikel singkat tentang Kisah Inspiratif Tokopedia ini bermanfaat bagi anda.

Sekian artikel berjudul Kisah Inspiratif Tokopedia Ternyata Berawal dari MAKERFEST yang membahas tentang kisah inspiratif Tokopedia.

 

 

Langganan Artikel Yuk
Cukup masukkan email anda
I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )
We respect your privacy
Wallpaper Thor With Stormbreaker
7 Ciri-Ciri Pinjaman Online Terpercaya
Please sharing if you like :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *