Sejarah Bukalapak Yang Unik Dan Ternyata Ini Alasan Kreatifitasnya

Sejarah Bukalapak Yang Unik Dan Ternyata Ini Alasan Kreatifitasnya – Bukalapak merupakan salah satu online marketplace yang saat ini sedang digandrungi oleh anak remaja maupun orang dewasa di Indonesia.  Sistem yang digunakan adalah daring yang menggunakan jaringan internet sehingga semua orang bisa mengakses dimanapun dan kapanpun.

Selain itu, dengan aplikasi ini siapapun tidak hanya bisa membeli saja.  Melainkan juga bisa menjual barang yang dimiliki terutama untuk toko-toko yang ingin produknya bisa dijangkau lebih luas ke beberapa daerah.

Sejarah Bukalapak

Sumber: Dailysocial

Perusahaan dengan daring ini didirikan oleh tiga orang yang waktu itu masih sama-sama menempuh kuliah di salah satu institut negeri terkenal di Indonesia pada tahun 2010.  Ketiga pendiri hebat itu adalah Achmad Zaky, Nugroho Herucahyono dan Fajrin Rasyid yang mulanya hanya anak kos biasa.  Kemudian menggunakan kemampuannya di bidang teknologi dan memang saat itu Zaky, Nugroho dan Fajrin adalah mahasiswa dari institut teknologi terkenal.

Profil Singkat Ketiga Pendiri Perusahaan Jual Beli

Achmad Zaky pemuda kelahiran Sragen adalah seorang pendiri perusahaan dan seorang mantan CEO yang rencana menjabat mulai tahun 2010 hingga tahun 2020.  Pada saat mendapatkan gelar sarjana, ia berhasil meraih nilai cumlaude.  Selain itu, pada tahun 2016 Achmad Zaky mendapat tanda kehormatan dari Presiden Indonesia yaitu Ir.  Joko Widodo.

Muhammad Fajrin Rasyid yang lahir di Jakarta menjabat sebagai presiden di perusahaan penyedia marketplace ini yang berkewajiban untuk bertanggung jawab atas semua yang terjadi pada perusahaan ini.  Fajrin juga berhasil mendapatkan gelar sarjana dengan IPK yang sempurna yaitu 4. 0 yang bisa dibilang sangat memuaskan.

Dan yang terakhir Nugroho Herucahyono pemuda asal Karanganyar.  Nugroho di perusahaan menduduki bagian co-founder dan CTO yang bertanggung jawab untuk menyusun inisiatif sebagai strategi perusahaan.  Tidak berbeda dengan kedua teman lainnya yang berhasil meraih gelar sarjana Teknik Informatika di Institut Teknologi Bandung dengan nilai yang baik juga.

Ketiga pendiri ini, berhasil mendirikan perusahaan terbaik yang digemari oleh semua orang.  Terutama untuk masyarakat yang suka berbelanja.

Alasan Unik Berdirinya Bukalapak

Di awal berdirinya perusahaan yang bergerak di bidang teknologi ini, bukan karena ketiga mahasiswa ITB memang benar-benar berniat membuka perusahaan.  Tapi, waktu itu tepat pada tahun 2010 banyak orang yang suka menggunakan sepeda lipat.

Dari situlah terdapat beberapa komunitas yang ingin menjual sepeda beserta aksesorisnya dengan harga yang murah.  Nah, kemudian berdirilah Bukalapak yang  langsung berkembang, dikenal banyak orang dan semakin banyak yang menjadi pengguna aplikasi jual beli dengan sistem daring ini.

Jika dilihat dari sini, memang sebuah usaha tidak pernah bisa ditebak.  Karena, apabila setiap peluangnya tidak pernah dicoba untuk memunculkan inovasi baru pasti semua akan berjalan biasa-biasa saja tanpa ada perkembangan dan kemajuan apapun.  Berbeda dengan ketiga pemuda hebat yang memanfaatkan peluang sebaik-baiknya dengan pemikiran bagaimana agar penjualan tersebut bisa diketahui banyak orang dengan menggunakan perkembangan teknologi saat ini.

Peluang yang tidak pernah disangka akan menjadi sangat besar dengan perkembangan yang cukup signifikan, membuat aplikasi jual beli satu ini bisa bersaing dengan aplikasi-aplikasi lain yang sudah lebih dulu ada.

Untuk mengikuti perkembangan agar selalu menjadi pilihan butuh pemikiran dan ide-ide baru yang dicoba.  Mulai dari penyediaan marketplace untuk semua pelaku UMKM, promoted push agar semua pedagang yang berpartisipasi  bisa menampilkan beberapa produknya di halaman depan dimana semua orang bisa melihatnya secara langsung, hingga menyediakan promo pengiriman supaya biaya ongkir tidak terlalu mahal.

Dengan berbagai upaya tersebut, diharapkan akan semakin banyak orang yang tertarik dan berminat menjadi salah satu pengguna website jual beli terpopuler ini.  Selain itu, disini bisa ditemukan banyak brand lokal yang belum terkenal hingga brand internasional yang sudah dikenal oleh semua orang.

Dana yang Digunakan oleh Bukalapak

Kalau untuk modal awal ukuran anak kos saja tidak mengeluarkan modal yang besar.  Namun, setelah berjalan dan berkembang kurang lebih satu tahun, perusahaan yang bekerja menggunakan aplikasi ini mendapatkan suntikan modal dari sebuah perusahaan gabungan yaitu Batavia Incubator.  Kemudian di tahun 2012, mendapatkan tambahan investasi dari sebuah perusahaan yang dipimpin oleh Kuan Hsu.

Mulai dari situ,  Bukalapak mengalami kemajuan yang semakin meningkat sehingga setiap tahunnya ada perusahaan-perusahaan besar yang menginvestasikan dananya untuk perkembangan aplikasi jual beli.  Para investor berani menyuntikkan dana dengan jumlah yang besar karena sudah bisa melihat gambaran peningkatan yang kemungkinan kecil mengalami kerugian.

Untuk memberi gambaran seberapa banyak perusahaan yang menyuntikkan dananya, sebuah perusahaan yang menyediakan marketplace ini menggolongkan sekitar 5 seri dengan tingkatan yang terendah hingga yang paling tinggi.  Dengan demikian, jika dana digunakan dengan sebaik-baiknya demi perkembangan usaha, maka akan semakin juara aplikasi ini ditengah masyarakat pengguna smartphone canggih.

Pencapaian serta Penghargaan yang Berhasil Diraih oleh Bukalapak

Setelah 6 tahun berdiri untuk membantu peningkatan perekonomian Indonesia, Bukalapak mampu menerima transaksi dengan jumlah yang sangat besar setiap harinya.  Selain itu, di tahun 2016 juga berhasil meraih Top 50 Most Valuable Indonesia Brands di Millward Brown.  Kemudian pada tahun selanjutnya, yaitu tahun 2017 berhasil menyabet sekaligus 3 penghargaan yang menjadi sebuah kebanggaan tersendiri.

Dan pada tahun-tahun selanjutnya tetap pada pencapaian yang membanggakan serta penerimaan transaksi yang semakin tinggi juga sehingga membuat aplikasi lebih membuka lebar untuk siapapun yang ingin bermitra dengan aplikasi jual beli terpercaya dan bisa diandalkan ini.  Salah satu fitur baru yang mampu meningkatkan nilai transaksi dan dengan mudah mendapatkan penghargaan adalah tersedianya beberapa pembayaran digital yang bisa dilakukan secara online.  Misalnya pembayaran BPJS menggunakan aplikasi ini, membeli pulsa dan paket data, serta membayar tagihan listrik secara mudah tanpa harus pergi keluar.

Semakin lengkap fitur yang disediakan untuk memudahkan sebagian besar kebutuhan manusia, maka akan semakin besar pula peluang untuk mendapatkan banyak penghargaan di tahun-tahun selanjutnya.  Dengan segala upaya ini, diharapkan pelaku UMKM bisa secara mudah memasarkan dagangannya dan dapat ditemukan oleh semua orang di seluruh Indonesia.  Maka dengan begitu, pihak penyedia lapak dan pengembang usaha akan terus berhubungan baik.  Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda, demikian artikel kami tentang sejarah Bukalapak.

 

Langganan Artikel Yuk
Cukup masukkan email anda
I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )
We respect your privacy
Tips Memilih Pinjaman Online Hingga Mampu Melunasinya
Wallpaper Thor With Stormbreaker
Please sharing if you like :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *